We Are Familia

It's my precious blogspot


lr5-head
Adobe lightroom 5 sudah dirilis beberapa waktu lalu. Sekarang pertanyaannya adalah, apa yang baru di Adobe Lightroom 5?
Nah disini Kami ingin memberikan ulasan dan tes untuk review bagi para pengguna Lightroom, Photographer, atau yang masih baru dengan Lightroom.
Adobe Lightroom benar-benar bekerja dengan cara yang sama sekali berbeda dengan software photo-editing pada umumnya, dengan sangat lengkap, alur kerja lightroom terintegrasi untuk mengimpor, mengelola, mengedit dan sharing foto Anda.
Lightroom tidak bisa disamakan dengan fungsi layer, masking, blend modes pada Photoshop dan beberapa software manipulasi gambar yang high-end, akan tetapi dari sudut pandang Photographer, Lightroom ini sangat Powerfull karena memiliki hampir semua peningkatan dan alat penyesuaian yang Anda butuhkan untuk membuat dan memanipulasi foto agar terlihat lebih bagus, ditambah beberapa feature yang unik yang bisa anda dapatkan didalamnya.
Pertama, semua Adjusment dan manipulasi yang anda lakukan didalam Lightroom adalah Non-Destruktif. Feature yang unik ini bisa dipastikan sangat membantu anda khususnya pada seorang Photographer, karena Anda bias setiap saat untuk kembali atau membalikkan ke action sebelumnya, menghapus atau mengedit kembali, dan selama proses editing dan manipulasi,  gambar asli Anda tetap utuh dan tidak berubah.
Kedua, bekerja dengan file RAW yang sama seperti yang lain, mengedit mereka secara langsung dan mulus tanpa perlu melalui proses konversi yang cukup memakan waktu.
Ketiga, Lightroom sangat Powerfull, dengan professional image cataloguing tool yang dapat mengatur dan mencari puluhan ribu gambar menggunakan data EXIF​​, IPTC metadata, smart collections dan banyak lagi. Sebagai perbandingan, ini tentu saja sangat berbeda dengan Adobe Bridge, yang hanya sebatas browsing folder sederhana dan sangat terbatas read filenya.
Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat new features lainnya, dan melihat seberapa bagus Lightroom bekerja dan apa yang bisa Lightroom lakukan untuk foto Anda.
Advanced Healing
Adobe Lightroom memiliki spot removal tool yang sangat bagus untuk menyingkirkan bintik-bintik pada foto. Anda bisa melakukannya dengan multiple spots, akan tetapi hal ini memakan waktu dan kurang efektif. Nah, Sekarang Anda bisa seleksi langsung pada object yang hendak diedit dengan area tidak teratur dan Lightroom akan bekerja secara otomatis untuk memperbaiki foto Anda. Jika Anda kurang puas dengan setting otomatis ini, Anda dapat dengan mudah memindahkan secara bersamaan pada seleksi yang anda buat dan memperbaiki foto awalnya. Advanced Healing Brush ini bekerja dalam dua mode: dalam mode Clone, Healing Brush ini lebih efektif dipakai untuk mencocokkan tones dan colours pada foto anda.


Upright Tool
Adobe Lightroom memiliki beberapa tools yang sangat bagus untuk mengoreksi distorsi lensa, custom profiles, dan distorsi perspektif foto, plus feature untuk koreksi horisontal dan vertikal. Akan tetapi upright Tool dalam Lightroom 5 sangat berbeda sekali dengan versi sebelumnya. Tools ini dapat mendeteksi tingkat kemiringan baik itu horisontal maupun vertikal dalam gambar Anda dan otomatis memperbaiki salah satu atau keduanya hanya dengan satu klik saja. Seringkali, dengan smart tools seperti ini, Anda menemukan bahwa mereka gagal untuk mengkoreksi dan memperbaiki gambar atau foto anda dengan sempurna, Tapi hal itu tidak berlaku untuk tools yang satu ini, Upright tool ini sangat efektif dalam mengoreksi distorsi perspektif pada foto/gambar – dan jika tidak menemukan apapun, ia akan secara default membiarkan foto/gambar tersebut sesuai aslinya.

Radial Gradient
Tool ini dirancang untuk membantu Anda memfokuskan perhatian pada subjek didalam foto Anda. Anda membuat seleksi elliptical atau circular marquee, kemudian menggunakan slider untuk menyesuaikan dan mengontrol area subjek yang anda seleksi. Ini memungkinkan anda untuk menyesuaikan sketsa foto yang inginkan. Bahkan, adjustment yang Anda lakukan di sini itu akan sama saja hasilnya seperti jika anda menggunakan dengan graduated filter dan adjustment brush tools, sehingga Anda dengan satu tool Radial gradient anda dapat mengontrol Exposure, Clarity, saturation dan banyak lagi. Anda juga dapat membuat invert masking sehingga adjustment bisa dilakukan pada subjek didalam area yang telah kita seleksi bukan diluarnya, dan juga Anda bisa menggunakan beberapa Radial Gradient pada gambar yang sama, bukan hanya satu radial gradient.

Smart Previews
Di Adobe Lightroom 5 ini, ada satu tambahan yang cukup besar dan canggih. Anda sekarang dapat membuat Smart Previews yang memungkinkan untuk editing offline. Dengan kata lain, Anda dapat menyimpan dokumen asli Anda pada drive eksternal, tetapi melanjutkan mengedit foto Anda, bahkan ketika drive ini sudah tidak terpasang pada PC anda. Perubahan akan disimpan dalam katalog Lightroom dan anda dapat langsung mendapatkan hasil aslinya dengan baik ketika anda menyambung kembali drive, ini merupakan salah satu tambahan besar yang sangat berguna.

Slideshow Sharing
Sekarang sangat memungkinkan bagi anda untuk menggabungkan video , foto, music dan semacamnya dalam satu slideshow, dan kemudian ekspor file tersebut dalam format film bahkan format HD, yang bisa diakses dan dilihat pada semua perangkat Media. Anda hanya perlu melakukan drag and drop video dan bermain-main didalamnya selama yang Anda sukai untuk membuat sebuah slideshow, dan juga klip video ini bisa diplayback secara langsung ketika kita sedang mengeditnya. Dalam kata lain, Real time slideshow creation.

Photo Book Creation
Ini memudahkan anda dalam membuat, menyusun dan mendesain Album Foto sesuai dengan keinginan anda. Dan anda juga bisa menambahkan nomor halaman dan semacamnya melalui beberapa feature yang sudah disediakan didalamnya. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa template yang tersedia, yang cukup bagus bagi anda yang ingin proses instan.
Dan pada akhirnya kita semua tahu apa yang terbaru dalam Adobe Lightroom 5, dan yang menarik lagi adalah, untuk anda yang sudah menggunakan Adobe Creative Cloud, ini bisa anda dapatkan secara gratis, karena Adobe Lightroom 5 ini merupakan salah satu software di dalam Creative Cloud yang bisa anda download dan gunakan secara gratis. Untuk yang belum memakai Creative Cloud, anda bisa membelinya secara terpisah, tentu saja hal itu membuat anda merogoh kocek lebih dalam, jadi saya sarankan anda segera bergabung dan memakai Adobe Creative Cloud.
Untuk lebih jelas mengenai Adobe Creative Cloud, anda bisa langsung ke websitenya Adobe di www.adobe.com atau yang ingin segera bergabung dan ingin mencoba versi trial dari Adobe Creative Cloud, bisa langsung ke http://creative.adobe.com. Sampai Jumpa lagi pada edisi berikutnya dengan beragam feature dan software terbaru lainnya dari Adobe.

0 Responses so far.

Post a Comment

    About Me

    My Fans

Back to top